Sejarah Asal Mula Nama Singapura

Sejarah Asal Mula Nama Singapura

Singapura adalah sebuah negara Pulau yang berada di Asia Tenggara. Kini Singapura dikenal sebagai salah satu negara maju yang standarisasi yang tinggi baik itu dalam segi pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Singapura kini dikenal juga dengan sebutan Singapore, namun begitu istilah Singapura masih tetap melekat dalam sebagaian besar masyarakat Dunia.

Dengan reputasi sebagai negara kota yang maju, pernahkah terbersit dalam benak sobat tentang sejarah masa lampau Singapura? Kenapa sampai pulau di selatan Semenanjung Malaya itu disebut Singapura?

Bersama-sama dengan Malaysia Singapura tergabung dalam persekutuan tanah Melayu, barulah pada tanggal 8 Agustus 1965 Singapura secara resmi menjadi negara mendiri berpisah dari Malaysia.

Dalam catatatan sejarah Singapura secara silih berganti berada dibawah kekuasaan Kerajaan Cola (India), Sriwijaya, Majapahit, Melaka, Johor-Riau sebelum akhirnya pada tahun 1824 secara resmi semenjak ditandatanginya Traktak London antara Inggris dan Belanda, Singapura seutuhnya berada dalam kekuasaan Inggris dalam Fasal Negara-Negara Selat, bersama dengan Melaka dan Pulau Pinang.

Singapura selain terkenal dengan nama Singapore, pada zaman dulu juga dikenal dengan istilah Temasek dan Selat. Dimana istilah Temasek digunakan pada era zaman sebelum kedatangan Sang Nila Utama, sedangkan Selat digunakan ketika Singapura berada dalam kekuasaan Inggris dan lepas dari pengaruh Kerajaan Johor-Riau.

Sampai kehari ini istilah asal muasal nama Singapura masih menjadi perdebatan oleh masyarakat Singapura sendiri. Ada yang percaya pada versi yang mengatakan bahwa pada saat Sang Nila Utama melarikan diri dari kejaran Majapahit untuk mendirikan negeri merdeka, pada saat tiba di pulau Temasek beliau dan tentaranya melihat seekor Singa yang sedang tertidur, namun pada saat Baginda mendekati Singa tersebut ternya Singa tersebut bukanlah sedang tertidur tetapi sedang berpura-pura tidur untuk menjerat mangsanya. Hal inilah yang kemudian menjadi landasan dasar nama Singapura yaitu Singa=Singa dan Pura= Berpura-Pura.

Namun ada juga versi lain yang mengatakan bahwa nama Singapura berasal dari Nama Singa= Singa dan Pura= Kuil atau temple, namun dalam versi kedua ini tidak didapatkan sumber mengenai siapa yang menemukan Kuil Singa tersebut sehingga Singapura akhirnya disebut dengan nama Singapura. Jika melihat dari data sejarah bisa diketahui bahwa ketika kerajaan Cola menguasai Asia Tenggara dan termasuk juga Singapura, tentulah Kerajaan Cola berusaha menanamkan pengaruhnya didaerah kekuasaannya termasuk dengan membangun tempat-tempat peribadatan sebagai niat baik sang raja untuk rakyat daerah taklukan, bukan tak mungkin Raja memang pernah membangun sebuah tempat peribadatan bagi umat Hindu (Pure/Pura) di Singapura, sehingga pada saat rombongan penjelajah lainnya tiba di Pulau tersebut menemukan Pura Singa yang dimaksud dan mengubah nama pulau Temasek menjadi Singapura.

Jika diurutkan dalam urutan sejarah maka nama Singapura pernah beberapa kali bermetamorfosis yaitu. Temasek- Singapura- Selat – Singapura – Singapore. Iya, kini istilah nama Singapura telah bergeser perlahan menjadi Singapore. Masyarakat internasinal lebih mengenal Singapura dengan istilah Singapore, sedangkan masyarakat Asia Tenggara dan Asia pada umumnya masih menyebut Singapore dengan Singapura karena sejak dulu kala, negeri Singapura ini merupakan negeri yang terkenal ke seantero Asia, bahkan hingga kehari ini.

Lagu Kebangsaan Singapura (Majulah Singapura)

Mari Kita Rakyat Singapura Sama-Sama Menuju Bahagia
Cita-cita Kita Yang Mulia, Berjaya Singapura

Marilah Kita Bersatu Dengan Semangat Yang Baru
Semua Kita Berseru Majulah Singapura, Majulah Singapura

Marilah Kita Bersatu Dengan Semangat Yang Baru

Semua Kita Berseru Majulah Singapura

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Asal Mula Nama Singapura"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel