Perang Enam Hari Bukti Kekuatan Militer Israel

Perang Enam Hari Bukti Kekuatan Militer Israel

Perang Enam Hari adalah perang antara Israel dan negara-negara Arab. Perang ini merupakan Perang paling sukses dalam sejarah Israel, karena ketika musuhnya yaitu Mesir, Jordania dan Suriah tidak berhasil menghancurkan negara mereka, malah Mesir, Jordania dan Suriah justru berada dalam posisi genting akibat serangan balik Israel.

Perang Enam Hari merupakan kelanjutan seri Perang mempertahankan kemerdekaan negaranya bagi pihak Israel sedangkan bagi negara-negara Arab, perang ini selain sebenarnya merupakan aksi militer untuk menolak keberadaan negara Israel.

Pihak Mesir, Suriah dan Jordania yang telah bersepakat untuk melakukan serangan mendadak pada saat itu memulai agresi dengan menyerang posisi strategis Israel. Dimulai pada tanggal 5 Juni, walaupun pada hari pertama peperangan Israel kesulitan menahan agresi ketiga negara tersebut, namun hanya dalam waktu beberapa hari kemudian Israel berhasil membalikkan keadaan.
Pasukan Israel Berfoto Usai Merebut Tembok Barat

Dalam Perang ini Israel berhasil mendapatkan kekuasaan yang luas, hampir tiga kali lebih luas dari sebelumnya. Perang ini disebut-sebut juga sebagai penyusupan doktrin Rusia dan Amerika yang sedang bersaing untuk memegang hegemoni dunia. Rusia disebut pihak Israel banyak membantu persenjataan bagi pihak Arab sedangkan Amerika dan Inggris disebut koalisi Arab sebagai dalang kemenangan Israel. Terlepas dari keterlibatan langsung Rusia dan Amerika Serikat dalam perang tersebut, paling tidak kedua negara adidaya itu memang menjadi pensuplai senjata bagi sekutunya masing-masing, Rusia bersekutu dengan negara-negara Arab sedangkan Amerika Serikat bersekutu dengan Israel. Kemenangan Israel atas negara-negara Arab juga dianggap sebagai kemenangan Amerika Serikat kepada Rusia.

Kemenangan Israel dalam Perang Enam Hari telah membuktikan pada dunia tentang kekuatan militer Israel. Dengan perang ini eksistensi negara Israel semakin kokoh. Israel berhasil memenangkan Perang Enam Hari dengan persenjataan yang jauh lebih modern dari negara-negara Arab. Militer Israel juga telah mengalami peningkatan yang sangat pesat semenjak kemerdekaannya, hingga kini militer Israel merupakan militer yang paling cepat mengikuti update persenjataan modern.

Perang Enam Hari merupakan pukulan telak bagi pihak negara-negara Arab, sedangkan bagi pihak Israel Perang Enam Hari merupakan perang yang paling membanggakan dalam sejarah negaranya.

Belum ada Komentar untuk "Perang Enam Hari Bukti Kekuatan Militer Israel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel