Lirik Lagu Bungong Jeumpa

Lirik Lagu Bungong Jeumpa

Lagu Bungong Jeumpa adalah salah satu lagu daerah dari Aceh. Lagu yang satu ini boleh dibilang sebagai lagu daerah paling terkenal di Aceh. Mayoritas masyarakat Indonesia jika mendengar lagu Bungong Jeumpa langsung akan tau bahwa lagu itu berasal dari Aceh. Aceh dan lagu Bungong Jeumpa memang telah tumbuh dan berkembang bersama-sama.

Analisa Sejarah Lagu Bungong Jeumpa
Arti dari Bungong Jeumpa sendiri ialah Bunga Cempaka, lagu Bungong Jeumpa menceritakan tentang indahnya Bunga cempaka atau Bungong Jeumpa. Ada sebagian pihak yang mengaitkan Lagu Bungong Jeumpa dengan “Kerajaan Jeumpa” namun hal ini masih terdapat ketidak jelasan. Karena keberadaan kerajaan Jeumpa sendiri yang diklaim berdiri pada abad ke VIII Masehi. Bukti-bukti keberadaan kerajaan Jeumpa sendiri apabila memang semakin shahih akan mengubah beberapa catatan sejarah Indonesia. Karena Kerajaan Jeumpa ini adalah kerajaan Islam yang pertama di Nusantara, hal ini tentu menepikan anggapan umum yang mengatakan kerajaan Kutai adalah kerajaan Islam tertua di Nusantara.

bunga cempaka

Dalam lirik lagu bungong Jeumpa terdapat kalimat “Bungong jeumpa, bungong jeumpa meugah di Acèh” dari kalimat ini jelas bahwa pada saat lagu ini tercipta telah dikenal istilah nama Aceh atau Kerajaan Aceh. Padahal kalau kita juga ingin memasukkan sejarah Aceh yang panjang itu maka akan didapapati sebagai berikut Kerajaan Jeumpa (8M), Kerajaan Peurelak (9M), Kerajaan Samudra Pasai(13M) dan Kerajaan Aceh Darussalam (15M). Dari lirik itu kita bisa mengambil kesimpulan Lagu Bungong Jeumpa paling lama berasal dari era Kerajaan Aceh Darussalam, atau mulai abad 15M ketika Kerajaan Aceh Darussalam didirikan dari sisa kehancuran kerajaan Samudra Pasai.

Siapa Pencipta Lagu Bungong Jeumpa
Pencipta lagu Bungong Jeumpa masih belum diketahui, lagu ini masih menjadi misteri dan diakui penciptanya no name atau anonim. Namun ada sebagian yang menyebut pencipta lagu itu ialah Ibrahim Abduh, sayang sekali pandangan ini kurang tepat. Karena yang ditulis oleh Ibrahim Abduh ialah ikhtisar Raja Jeumpa yang merupakan saduran dari Hikayat Raja Jeumpa.Tulisan itupun baru dibuat pada tanggal 29 April 2004 sedangkan lagu Bungong Jeumpa telah ada dan dikenali rakyat Aceh jauh sebelum itu. Namun kapan pastinya lagu Bungong Jeumpa pertama kali dinyanyikan masih belum bisa dipastikan. Biarlah pencipta lagu Bungong Jeumpa masih menjadi misteri, namun lagu Bungong Jeumpa tak akan usang ditelah zaman.

Lirik Lagu Bungong Jeumpa Dan Artinya

Bungong jeumpa, bungong jeumpa meugah di Aceh
Bungong teuleubeh, teuleubeh indah lagoi na
Puteh kuneng meujampu mirah
Keumang siulah cidah that rupa
Lam sina buleuen, lam sina buleuen angen peuayon
Ruroh meususon, meususon, nyang mala-mala
Mangat that mubee meunyo tatem com
Leupah that harom si bungong jeumpa

Arti Lagu Bungong Jeumpa (Bunga Cempaka)

Bunga cempaka,  Bunga cempaka  megah (terkenal) di Aceh
Bunga terlebih, Terlebih indah sekali (terlebih lagi bunga ini indah sekali)
Putih kuning Bercampur merah..
Mekar sekuntum- sekuntum indah rupawan

Dalam sinar bulan , Dalam sinar bulan angin ayunkan
Gugur bersusun, bersusun, yang sudah layu
Harum baunya kalau dicium
Alangkah harum si bunga cempaka


Belum ada Komentar untuk "Lirik Lagu Bungong Jeumpa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel