Belajar Fisika Tentang Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Belajar Fisika Tentang Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak Lurus Beraturan atau biasa disingkat GLB adalah suatu istilah dalam ilmu fisika untuk mendeskripsikan tentang gerak suatu benda dalam suatu lintasan dengan kecepatan yang relatif tetap.
Dalam keseharian sebenarnya sangat sulit untuk menemukan peristiwa Gerak Lurus Beraturan. Pada dasarnya Gerak Lurus Beraturan atau GLB in merupakan standar awal dari penghitungan yang lebih kompleks lagi, lawannya dari Gerak Lurus Beraturan yaitu Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB), bukan Gerak Jatuh Bangun ya Sobat kuatbelajar, kalau Gerak Jatuh Bangun iturumusnya lain lagi, yaitu segenggam cinta.

Oke kembali ke topik.. Rumus Gerak Lurus Beraturan adalah


Dimana :
S = adalah perpindahan atau jarah tempuh (m)
V= Kecepatan (m/s)
t= Waktu (s)

Dengan rumus diatas sebenarnya pengerjaannya sangat simple. Misalnya ada sebuah soal tentang GLB yang berbunyi begini :

Sebuah objek bergerak dengan kecepatan 10m/s, objek ini bergerak di sebuah medan lurus sepanjang 5m, berapakah waktu yang diperlukan untuk objek tersebut dari titik mulai hingga ke pemberhentian?
Jawab :

Diketahui : V = 10m/s, S = 5m , t = ?

Yang dicari pada soal diatas ialah t atau waktu. Seperti kita ketahui umumnya soal fisika itu terlihat gampang contohnya tapi pas dikasi soal sulit untuk dikerjakan. Ini karena contoh soal yang diberikan biasanya selaras dengan rumus yang diberikan sedangkan soal latihan biasanya diputar balikkan kasusnya. Padahal dengan rumus yang sama kita bisa menemukan jawabannya, seperti contoh soal diatas.

Rumus awal yang kita dapatkan dari pembahasan singkat diatas ialah S= V.t , ini yang paling penting dalam belajar fisika, ketika menemukan rumus seperti ini jangan lupa untuk langsung membolak-balikkan rumus tersebut, maksudnya kita tau S = V.t maka seharusnya V = S/t sedangkan t = S/V .. nah inilah trik khusus untuk mempelajari fisika, ingat ! setiap diberikan suatu rumus oleh guru atau dosen maka bolak-balikkan rumus tersebut, sehingga ketika kita diberi soal dalam bentuk apapun juga kita sudah siap langsung mengerjakannya....

Kembali lagi ke pembahasan soal diatas, kita akan mencari t, dengan demikian kita akan melaksanakan rumus t = S/V. Itu berarti t = 5m dibagi 10m/s, maka kita akan dapat jawabannya, t= 1/2s, atau 0.5s.

Catatan : untuk pemula pelajaran fisika, perlu diingatkan kembali untuk melakukan trik diatas, yaitu membolak-balikkan rumus ketika dapat rumus baru, catat rumus-rumus hasil dibolak-balikkan itu dihalaman yang mudah dicari.

t= S/V => 5m/s : 10m => 1/2S =>  atau 0.5s , “satuan m atau meter hilang karena saling habis dibagi”

okeh mas broh demikian pembahasan singkat kita tentang Gerak Lurus Beraturan, selanjutkan kita akan mempelajari Gerak Lurus Berubah Beraturan dan juga Gerak Jatuh Bangun...

Belum ada Komentar untuk "Belajar Fisika Tentang Gerak Lurus Beraturan (GLB)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel